Setengah pulau jawa?
Yup itu judul yang tepat karena tour gue kali ini start dari Semarang, lalu ke
Surabaya, lanjut ke Banyuwangi terus ke Malang dan balik lagi ke Semarang dan
semua itu hanya untuk rasa penasaran dan kesenangan batin aja. Penasaran? Ya
selama ini gue Cuma pernah denger tentang 'terowongan Mrawan' yang ada di kab.
Banyuwangi, itu adalah terowongan kereta dan harus pagi atau siang hari kalo
mau kesana, tentu saja pake kereta api. Nah penasaran lagi karena gue mau
nyobain kereta Mutiara Timur yang exe dan kereta baru Maharani SMC - SBI. Biar
match jadwalnya sama Maharani gue ambil mutara timur yang malam dari SGU ke BW,
nah kebetulan dari Banyuwangi ada kereta Tawang Alun ke Malang yang jadwalnya
Cuma 45 menit dari kedatangan Mutiara Timur, kan lumayan berangkatnya pagi bisa
liat terowongan Mrawan dan indahnya pemandangan di jalur kereta timur pulau
jawa. Dan tujuan yang terakhir adalah untuk kesenangan batin? Ya singkat kata
aja: ISENG. Jadi gue tour ke kota tersebut Cuma sekedar transit aja di kota
itu, gue Cuma menikmati perjalanan aja, ya walopun ada beberapa kota yang gue
jelajahi. Hanya bermodalkan ransel, tiket kereta yang udah gue pesen dan duit
seadanya serta pengetahuan jalan yang juga seadanya, gue bersiap mengarungi
perjalanan yang panjang.
HARI PERTAMA
EPISODE 1: KE SURABAYA BERSAMA MAHARANI-SAN
Maharani-San, atau
kalo bahasa Indonesianya 'Mbak Maharani', ya itu sapaan buat tumpangan yang
akan gue naiki dari stasiun Semarang Tawang. Sang kereta api rute baru yang
menjelajah track Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi, yaitu KA Maharani.
Sebenernya KA ini 'minjem' rangkaian KA Kertajaya SBI - PSE yang idle.
Jadwal kereta
Maharani yang akan gue naikin, berangkat jam 14:10 dan sampe di surabaya jam
18:13 (kalo ga telat).
*UPDATE: Jadwal terbaru KA Maharani berangkat Semarang
Poncol pukul 11.40 dan sampai di Surabaya Pasar Turi pukul 16.26 dan sebaliknya
dari Surabaya Pasar Turi jam 06.00 sampai di Semarang Poncol pukul 10.45.
Jam setengah 1 siang
setelah sholat dzuhur, gue langsung berangkat ke stasiun Tawang. Dari kos gue
naik angkot sampe patung Diponegoro terus gue lanjut naik trans Semarang
langsung sampe pintu masuk Tawang dan Cuma IDR 3.500,-, adem pula.
Sampe Tawang jam
13.15 dan ternyata masih sejam lagi berangkatnya, yaudah gue masuk peron aja
terus foto-foto deh.
Ga terasa lama
ternyata udah jam 14.10 dan KA Maharani memasuki stasiun Tawang diiringi lagu
Gambang Semarang, inilah keunikan stasiun Tawang, setiap ada kereta penumpang
yang berhenti di stasiun tersebut pasti diiringi lagu Gambang Semarang ketika
kereta akan memasuki stasiun.
Kereta pun berjalan
perlahan dan gue mencari gerbong gue, ya gue di gerbong 4. gue menghitung
gerbong dari depan, ichi... Ni... San... Shi.., ada, ini dia gerbong 4. gue
segera memasuki kereta, dan sejuk. Walopun itu kereta kelas ekonomi tapi
gerbongnya udah pake AC semua.
Gue segera duduk di
bangku yang sesuai dengan tiket, dan ada single traveler juga disana. Dan dia
ternyata bakal jadi partner jalan gue sampai menjelang perjalanan selanjutnya.
koq bisa? Awalnya ngobrol" biasa dan ternyata tujuan dia mau ke Malang, dan
di Surabaya dia mau ke stasiun Gubeng juga, sama kayak gue. Karena gue buta
banget Surabaya, yaudah deh barengan.
Sepanjang perjalanan
kami ngobrol terus sampe air minum abis satu botol :D. Untung pemandangan
sepanjang Semarang - Surabaya biasa aja Cuma ada sawah, pemukiman dan jalan
raya, jadi ga terlalu menyesal deh ga terlalu nikmati perjalanan.
Oiya, kondisi kereta
Maharani yang gue naikin cukup bersih untuk ukuran kelas ekonomi, ada colokan
listrik pula, jadi jangan takut mati gaya deh kecuali ga bawa charger. AC nya
lumayan dingin lah, tapi ga sedingin kereta eksekutif karena kan pake AC split.
Tapi lumayan lah dengan tarif IDR 55.000,- udah bisa sampe Surabaya dengan
cepat. Kalo naik bis sama sih segitu juga kelas ekonomi AC tarif biasa, ya tapi
suka ugal-ugalan katanya, jadi ngeri deh, dan juga kalo naik bis bisa 8 jam.
Naik kereta Cuma 4 - 5 jam aja udah sampe.
Sekitar jam 7an, KA
Maharani sampe di stasiun Surabaya Pasar Turi
EPISODE 2: MENGARUNGI SURABAYA DI MALAM HARI
Setelah gue say
goodbye sama Maharani-san, gue langsung ngikutin temen seperjalanan gue yang
kayaknya udah pro banget dalam mengarungi kota Surabaya. Ya kali ini gue
beruntung, akhirnya ga perlu taksi untuk ke stasiun Gubeng, lumayan lah hemat
IDR 25.000. Awalnya dia ngajakin gue naik bis DAMRI. Kami pun berjalan ke arah
tugu pahlawan. Sembari berjalan, gue terkesima dengan tugu pahlawan yang
menyala dengan lampu warna-warni. Indah sekali. Gue kira kota Surabaya saat itu
lagi ramai, ternyata nggak, gue ga nemu kemacetan yang berarti.
Lalu kami menunggu
bis DAMRI. Setelah 30 menit bus DAMRI pun datang. Tapi... Ternyata itu bis
pergi begitu saja. Oke kami ditinggal, sakitnya tuh disini *nunjuk lutut* (?).
Yaudah daripada buang-buang waktu, kami sepakat mengeluarkan ide gila: jalan
kaki ke stasiun Gubeng. Sebelumnya gue udah ada planning buat jalan kaki sih,
jaraknya 5km atau 1 jam jalan kaki. Keburu sih, tapi capeknya itu loh. Dan
akhirnya terkabul juga. Kami jalan menyusuri kota Surabaya yang lumayan sepi
pada saat itu, suasananya tenang juga pada malam itu. Setelah setengah jam
berjalan kaki, kaki gue udah mulai cenat-cenut, nah loh stasiunnya masih jauh,
mana itu mas-mas temen seperjalanan gue pake lupa arah lagi. Ampyuuunnn. Duuhh
ganbatte... Ganbatte...
Akhirnya itu Stasiun
ketemu juga, eh tapi ternyata, stasiun Gubeng itu dibagi jadi dua sisi, gubeng
Lama berada di sebelah barat rel, dan gubeng Baru di timur rel. Dan kita ga
bisa ke stasiun gubeng baru masuknya dari gubeng lama dan sebaliknya. Nah gue muncul
dari stasiun Gubeng lama, dan ternyata kereta yang mau gue naikin adanya di
gubeng Baru. Yaaahh jalan lagi deh. Tapi ga jauh sih karena udah lelah aja
jadinya kerasa jauh.
Akhirnya udah sampe
di stasiun Gubeng baru dan waktu menunjukkan jam 8an, oke bisa deh makan dulu.
Kami pun mencoba bakso malang yang ada di depan stasiun. Enak dan murah, gue
makan bakso + minum es teh Cuma abis IDR 7.500,- aja, kalo mau pake lontong nambah
IDR 2.000,- tapi ya ga nyampe IDR 10.000,- lah. Harga yang berperikemahasiswaan
sekali kan? Sama harga bakso di Tembalang aja kalah tuh.
Udah kenyang, kami
langsung ke stasiun Gubeng, bersih-bersih badan sebentar, dan tak lupa
mengambil foto stasiun gubeng. Kemudian gue say goodbye sama temen seperjalanan
gue yang telah membimbing gue mengarungi kota Surabaya. Tak lupa mengucapkan
terima kasih. Dan dia masih harus melanjutkan perjalanan esok pagi.
EPISODE 3: NUMPANG TIDUR DI KA MUTIARA TIMUR
Gue pun langsung
menuju peron stasiun Gubeng dan ga lama KA Mutiara Timur datang. Gue langsung
mencari gerbong sesuai dengan tiket gue.. Aha, eksekutif 1. yup, gue sengaja
beli tiket kelas eksekutif karena tujuan gue disini adalah: TIDUR. Berhubung
kalo naik ekonomi bangkunya tegak banget dan jadwalnya ga ada yang cocok.
Mutiara Timur ada sih kelas bisnisnya tapi bangkunya ga bisa diatur
kemiringannya. Yang nyaman buat tidur ya Cuma eksekutif, hihi. Ya abis mau
gimana lagi, malem juga percuma ga ada yang dilihat juga, gelap gulita, padahal
gue tau jalur yang bakal dilewati pemandangannya bagus. Tapi ntar gue bakal
lewat situ juga koq pas udah terang. Tunggu di episode 4.
Tepat pukul 22:10,
KA Mutiara Timur diberangkatkan dari stasiun Surabaya Gubeng.
UPDATE KA MUTIARA TIMUR MALAM: SGU 22.00 - BW 04.25
dan BW 22.00 - SGU 04.26
AC di kereta Mutiara Timur eksekutif sangat
dingin, jadi di tengah perjalanan dibagiin selimut. Bahkan udah pake jaket dan
selimut aja masih dingin. Ada chargernya juga, tapi toiletnya kotor. Loh koq
kelas eksekutif toiletnya kotor? Ya gitu deh. Kalo untuk masalah hiburan, ada
TV dan musik juga, tapi ya ga jauh beda sama bus malam ah musiknya, dangdut
panturaan beserta video clip di TV. Tapi kadang juga nyetel film. Tapi tetep
aja gue ga tertarik filmnya, malah gue nonton anime di tab. Kecuali kalo itu TV
kereta nayangin K-ON atau Chuunibyou demo Koi ga Shitai, baru deh gue liat,
tapi ga mungkin banget, doraemon aja ga nayangin :D.
Kalo udah deket
stasiun, akan ada pemberitahuan dari speaker yang ngasih tau kita udah sampe
dimana dan ngingetin penumpang yang mau turun di stasiun itu. Cuma itu aja sih
di episode ini. Selain itu, gue tidur. Oyasuminasai minna...
HARI KEDUA
EPISODE 4: KEINDAHAN JALUR KERETA DI TIMUR JAWA
Jam setengah 5 pagi
gue sampai di stasiun Banyuwangi Baru. Karena kereta yang akan gue naikin
selanjutnya Cuma jarak 45 menit dari gue turun, jadi mending diem di stasiun
aja. Ya paling sholat subuh terus langsung naik ke kereta. Kereta yang gue
naikin selanjutnya adalah: KA Tawang Alun. Lagi-lagi gue naik kereta kelas
ekonomi, karena tujuan gue mau nikmatin perjalanan, dan bukan tidur, lagipula
ke Malang adanya Cuma itu yaudah deh. Ini sekaligus perjalanan terakhir gue
naik kereta di tour kali ini.
Interior kereta ini
sama kayak KA Maharani. Ada AC split, colokan listrik, dan toilet bersih. AC
nya cukup dingin... Walopun Cuma di awal perjalanan. Untuk tarif sangat
bersahabat sekali, cukup dengan IDR 30.000,- saja, kita bisa menempuh jarak
Banyuwangi - Malang dengan waktu 7 jam saja bebas macet dan disuguhi dengan
pemandangan yang indah dan hijau serta terowongan dan jembatan kereta. Tak lupa
juga kita juga disuguhi dengan keramahan penumpang lainnya dan ke-khas-an
penumpang serta tiap bangunan stasiun yang dilewati. Tapi sayangnya mulai
September nanti tarifnya dinaikkin sekitar IDR 60.000,- an. Semoga kualitasnya
makin bagus sih.
Awal keberangkatan
dari stasiun Banyuwangi Baru, kereta ini masih tampak sepi penumpang, bahkan AC
nya masih terasa dingin. Mulai stasiun Karangasem, kereta mulai dipenuhi
penumpang, dan seterusnya lama kelamaan kereta penuh penumpang.
Gue sebelahan sama
seorang mbak-mbak yang naik dari stasiun Karangasem, dan lagi lagi di jalan gue
ngobrol sama sesama penumpang dalam perjalanan. Dan hal ini terjadi hanya di
kereta ekonomi. Waktu di KA Mutiara Timur bener-bener ga ngeluarin sepatah huruf
pun gue dengan sesama penumpang lainnya. Tapi mbak-mbak yang disebelah gue ini
menarik, bukan karena gue suka sama dia, tapi lebih ke perilakunya yang
kayaknya excited naik kereta. Taunya dia saat itu baru pengalaman ke dua kali
naik kereta, pantesan. Tapi gue jarang - jarang sih ngobrol sama mbak itu.
Kembali ke
perjalanan, gue sebenernya juga excited saat kereta masuk terowongan. Tapi
perlu diingat buat keselamatan kita semua, selalu tutup kembali pintu antara
ruang penumpang dan bordes kereta, selain untuk menjaga suhu dingin di ruang
penumpang, kalo kereta masuk terowongan, asap dari loko nya ga masuk ke ruang
penumpang, dan itu yang terjadi pada gue.
Masuk daerah yang
agak tinggi, AC nya kerasa lagi dan pemandangan yang disuguhkan semakin indah.
Hijau semua. Bagi para pecinta kereta api, keindahan di jalur ini terletak pada
sistem sinyal stasiun yang masih menggunakan sistem mekanik di semua stasiun.
Bentuk stasiunnya juga masih tradisional dan sederhana tapi bersih dan khas aja
gitu.
Tapi ada hal yang
agak mengganggu di tengah perjalanan, ternyata AC yang tepat berada di deket
gue mati, dan ditambah dengan bau pesing dari toilet. Aduuhh lengkap sudah.
Sekitar jam 11an,
kereta sampai di stasiun Bangil, dan di stasiun ini, lokomotif akan berbalik
arah ke sisi kereta yang satunya. Kenapa? Susah jelasinnya disini, mending liat
di google map deh bentuk stasiun dan percabangan jalurnya kayak apa, nanti juga
ngerti :D
Sekitar 90 menit
dari Bangil, KA Tawang Alun sampai di stasiun Malang Kota Baru, atau biasa di
sebut stasiun Malang. Dan perjalanan gue dengan KA Tawang Alun dan mbak-mbak di
sebelah gue tadi berakhir sudah. Saat keluar dari stasiun Malang, kami masih sempat-sempatnya
dadah-dadah. Hihi...
EPISODE 5: PERSINGGAHAN SINGKAT DI MALANG
Walopun ga sesingkat
di Banyuwangi, tapi tetep aja singkat, karena gue di Malang ga sempet
kemana-mana. Abis dari stasiun Malang gue langsung naik angkot trayek AL ke
terminal Arjosari untuk naik bis ke Semarang. Karena gue belum punya tiketnya
jadi gue was-was takut keabisan tiket. Ga kayak kereta, yang tiketnya bisa
dipesan di kota keberangkatan dan tiketnya di print di stasiun keberangkatan.
Bus ga ada sistem online jadi ya mau ga mau dateng ke agen atau terminal.
Sesampainya di
terminal Arjosari, gue langsung ke loket bus Rosalia Indah, kali ini lagi-lagi
gue milih tumpangan eksekutif karena lebih nyaman dan lagi-lagi tujuan gue
tidur. Tiket gue beli seharga IDR 120.000,- udah dapet makan 1x. Karena bisnya
masih jam setengah 4 dan saat itu jam 2, jadi gue makan dulu. Sebenernya di
sekitar Arjosari ada pedagang bakso malang sih, tapi gue mau makan makanan yang
lain, dan pilihan gue tertuju pada soto daging. Lumayan murah juga IDR 10.000,-
udah sama minum teh.
Abis makan gue pun
kembali ke terminal.
EPISODE 6: AKHIR PERJALANAN, KEMBALI KE SEMARANG
Singkat cerita gue
langsung masuk bis. Ya standar bis eksekutif lah interiornya, ada toilet, ada
TV, dapet bantal dan selimut, jarak antar kursi lebar, dan kebetulan gue dapet
kursi paling belakang, jadi kalo kursinya gue senderin sampe mentok ga bakal ganggu
orang dibelakang gue. Bener-bener deh kelas eksekutif rasa super eksekutif.
Tapi sayangnya ga ada colokan disini, ada sih tapi jalan dulu ke bangku paling
depan dan letaknya di atas, di tempat naroh barang. Kelas sih boleh eksekutif
tapi fasilitas yang paling penting masih kalah sama kereta ekonomi yang
colokannya di setiap baris bangku ada.
Perjalanan yang bisa
gue nikmati Cuma jalur antara Malang - Blitar, sisanya gue tidur pulas saking
pulasnya gue ga tau kalo itu bis berhenti di rumah makan. Tau-tau pas gue
bangun bisnya udah mau jalan aja dari rumah makan. Yah ga guna deh kupon
makannya.
Setelah itu gue
tidur lagi sampe Solo, tiba-tiba penumpang disuruh pindah bis. Tenang bukan di
tengah jalan koq dituruninnya, tapi di pool pusat bisnya. Entah kenapa disuruh
ganti bis, sama-sama eksekutif sih, AC nya juga sama-sama dingin. Ga ngaruh
banget buat gue sih sebenernya kan bentar lagi nyampe Semarang.
Singkat cerita, bis
udah sampe di daerah Sukun, Banyumanik, Semarang. Saatnya gue untuk turun dan
mengakhiri perjalanan. Dari situ gue lanjut ojek ke kos gue dan berakhirlah
tour yang singkat ini.
Catatan: bagi Anda
yang ingin melakukan perjalanan seperti di atas, silahkan cek jadwal kereta api
terbaru terlebih dahulu di
kereta-api.co.id atau jika ingin menggunakan bus silahkan hubungi agen bus
terdekat atau cek di internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar